REVIEW : Fiksimini Game Monday Flashfiction

Topik : BARU

Atas berbagai pertimbangan dan kekurangan saya menjadi PIC di Grup MFF, maka dengan ini saya minta tolong beberapa orang terpilih untuk mereview beberapa FM yang masuk dan mungkin belum beruntung lolos seleksi,

Here we go!

  • Vanda Kemala BARANG BARU. “Harga biasa, kan? Mahasiswi atau pelajar?”
  • Mmmmm… kurang jelas. Barangnya apa? Ga jelas maksudnya dia jual mahasiswa/pelajar? apa nawarin barang baru untuk mahasiswa/pelajar?─Carolina Ratri
  • Sarifudin Aladdin MURID BARU. Namanya Rini Bee, lahir di Mars.
  • Carolina Ratri PIC FIKSIMINI BARU. Sudah beberapa kali kuminta untuk memulai, tapi dia tak juga bergerak. “Duh, lupa beli baterai.” Aku menepuk jidatku sendiri.
  • Ajen Angelina IBU BARU, Ayah marah karena aku merusak plastik pembungkusnya. “Belum lunas, goblok!” teriak Ayah.
  • Ajen Angelina PIC FIKSIMINI BARU. Alih-alih menemukan tombol untuk menghidupkannya, kami malah menemukan tulisan di perutnya “Bacakan 1000 fiksi mini maka dia akan berfungsi.”
  • Kalimat pertama setelah judul masih padu, ditutup dengan antiklimaks.. Cenderung bertele-tele dan datar.─Harry Irfan
  • Carolina Ratri PIC FIKSIMINI BARU. Hai, selamat bertugas! Tapi hai, kenapa kepalamu kaupasang terbalik?
  • Carolina Ratri “MENU AYAM BARU. Pilih sendiri ayammu.” Aku masuk ke dalam, dan kulihat banyak foto perempuan cantik dipajang di dinding.
  • Untuk yang ayam ini juga terlalu banal. Dari judul saja langsung ketahuan mau dibawa ke mana ceritanya. Isinya pun sama terlalu panjang dan bertele-tele. Coba bandingkan jika fmnya begini: 
  • Remake: MENU AYAM BARU. “Harganya berapa?” “Cukup dengan nilai A untuk 4 SKS, Pak.” Hehehe… Maaf rada sadis yaak..─Harry irfan
  • Sarifudin Aladdin “Yang mana istrimu?” | “Tuh, yang BARU diangkat dari penggorengan, namanya Ajen.”
  • Ajen Angelina IDENTITAS BARU, sejak diangkat menjadi Raja, Aladdin membunuh siapa saja yang memanggilnya Junior.
  • Na Fatwaningrum Adianto ORANG BARU YANG PEMALU. “Hai, salam kenal.” Paku-paku gemetaran di tempat persembunyian mereka.
  • Bagus sih cuma nggak ngerti ceritanya.. tapi bolehlah.─Ajen Angelina
  • Harry Irfan PEMBANTU BARU. “Maaf, Tuan. Kamar mandi sebelah mana yah?” “Kamu lurus aja terus, nanti setelah polisi tidur, belok kiri.”
  • Harry Irfan PRESIDEN BARU. “Terus, ini yang lama dikemanain?” “Tunggu, nanti ada orang gudang yang ambil.”
  • Harry Irfan ANGKER. Di rumah baru kami, setiap malam selalu ada saja yang diganggu. Tadi pagi, giliran nisanku dicabutnya.
  • Bagus… Sureal yang sukses… bikin yang baca terkesima dan mencoba merangkai cerita.. itukan inti dari FM.─Ajen Angelina
  • Ronal Alex BARU OPERASI. “Ah sial aku salah masuk toilet. Aku lupa kalau aku baru operasi kelamin.”
  • Sarifudin Aladdin GADGET BARU. Ter-mutakhir, aku bisa video call dengan Ayah di Surga.
  • Risa Nuraini IBU TIRI. “Aku ibu barumu.” |”Tidak! Kau tetap mantanku.”
  • Na Fatwaningrum Adianto PETUGAS BARU. “Jangan pernah melakukan kesalahan lagi!” Boss debt collector memegangi kepalanya yang bocor.
  • Sarifudin Aladdin “KITA PUTUS!” teriak pacar baruku yang selalu kutaruh dalam dompet.
  • KITA PUTUS menurutku agak mendingan. Tapi tetap susah membayangkan jagadnya, apa hubungannya pacar dengan dengan dompet, dikoleksi kah? Kenapa tidak ditaro di lemarikoleksi misalnya. Dompet kurang korelasi.─Harry Irfan
  • Maya Indah PISAU BARU. “Tajam juga” Di belakangku, istriku terbujur kaku berlumuran darah.
  • fm-nya apik kerasa banget thriller-nya
  • Rini Bee Adhiatiningrum PIC FIKMIN BARU. Saking pemalunya, ia menutupi kemaluannya dengan onderdil yang baru.
  • onderdil apa? kurang jelas, onderdil mobil/motor yang baru dibeli?*imho* 😀
  • Rini Bee Adhiatiningrum PETUGAS BARU. Semua kerjaan dilakukannya. Termasuk membuat tantangan dan menjawab tantangannya.
  • bukan fikmin :)))─Carolina Ratri, sedikit menambahkah, ini semacam kalimat berita yang sarkasme, niat nge-bully nih X))
  • Tara Orian PIC BARU. Aladdin bersiul di depan laptop. Dengan kaki, didorongnya karung berisi PIC lama semakin jauh ke kolong ranjang.
  • bagus,hampir serupa polanya dengan PRESIDEN BARU-nya Harry Irfan, tapi aku kan ngga segitunya menyingkirkan PIC lama #eh
  • Ari Ta SERBA BARU. Jabatan baru, rumah baru, istri baru.
  • gak tahu sih ini istilanya apa, tapi memang kalo menurutku sih ini No.─Na Fatwaningrum *Semacam kalimat berita mungkin?
  • Risa Nuraini ALADDIN BARU. Yasmin melompat-lompat di atas pundaknya ketika Aladdin resmi menjadi pacar Abu.
  • Ari Ta NAMA BARU. “Hai Toni, apa kabar?” | “Aku Tini, tau!”
  • ledakannya mana? *IMHO*
  • Masya Ruhulessin MATA BARU : Kuambil satu dari koleksi ayah didalam toples.
  • Masya Ruhulessin WAJAH BARU : Aku bingung harus diapakan wajah yang lama.
  • Ari Ta DUNIA BARU. Harga oksigen kiloan meningkat pesat.
  • Nah, ini keren
  • Na Fatwaningrum Adianto BAJU BARU UNTUK ADIK. Aku mendapatkannya dari tong sampah di depan rumah mewah.
  • sebenernya keren, tapi karena isi yang diusung sudah terlalu sering muncul, jadi biasa saja. *imho*
  • Melani Ika Savitri PONSEL BARU. Mulutku menyunggingkan senyum manis mirip Lee Min-ho sang aktor tampan Korea. Pacarku nggak akan minta putus lagi kalau ponsel pintar yang baru kucopet dari ibu-ibu gendut ini kuhadiahkan padanya.
  • Terlalu banyak kata2 yang ga perlu. Kayanya tanpa memasukkan lee min hoo ga masalah deh. Sebenarnya ide ceritanya lumayan cuma eksekusinya kurang… 

    Remake: “Pacarku tersenyum menerima HP baru dariku. Semoga ibu-ibu gendut yang kucopet merelakan
    HP itu beserta tangan kanannya.”─Ajen Angelina

  • Melani Ika Savitri WAJAH BARU. “Inginnya dibenahi bagian mana nih?” || “Pokoknya permak sampai mirip aktor favorit saya yang ini, Dok,” jawab si gadis sambil menunjukkan sebuah foto.
  • Idenya bagus, tapi eksekusinya kurang, terlalu bertele-tele jadi efek ledakannya nyaris hilang. *IMHO*
  • Remake: WAJAH BARU. “Mau dibenahi seperti siapa Mbak?” | “Anjasmara ya dok,”
  • Sarifudin Aladdin “Bu, aku suka rumah baru kita ini daripada rumah kardus yang dulu,” | “Iya, atapnya nggak bakal bocor lagi Nak.” Samar kudengar obrolan Ibu dan anak waktu aku melintas kolong jembatan.
  • Christ Memory CERMIN BARU. Aku menghadap cermin baru ibu, tapi tidak ada bayangan diriku disana. Aku sadar kini aku hanya roh saja.
  • BIG NO . bukan apa2 sih, fm ini belum mateng pilihan katanya gak efektif banget mungkin seandainya dia pakai kalimat yang lain, yg lebih efektif, bisa aja lolos.─Na Fatwaningrum
  • Sarifudin Aladdin SOSOK BARU. “AUUUUUUK!” Ups, kelepasan. Aku lupa sedang bersosok manusia.
  • Na Fatwaningrum Adianto TIDAK MEMUASKAN. Aladdin memberenggut ketika melihat sosok barunya. Ekor serigala masih menyembul dari celana yang dia pakai.
  • Ini sih niat banget nge-bully, jadi gak lolos 😀
  • Yudith S Rondonuwu DUNIA BARU. Euroworld adalah dunia baru bagiku. Aku harus melupakan bumi karena aku tak tahu caranya kembali ke situ.
  • Suka banget FM berbau sci-fi, tapi menurutku pada kalimat kedua cukup titik sampai “bumi” aja.
  • Carolina Ratri SEPATU BARU. Budi tertegun. Memandangi kakinya yang hanya tinggal selutut setelah kecelakaan hebat tiga bulan lalu. “Belum sempat kupakai,” bisiknya sedih.
  • aku nggak berani komen yang ini
  • Sarifudin Aladdin KEPALA BARU. Tumbuh menindih kepala lamaku yang mulai kisut.
  • Dian Farida Ismyama CINCIN BARU. Melingkar di jari manis, demi sosok bapak untuk janin di perutku.
  • Dian Farida Ismyama NAMA BARU. Aladdin menekan tombol alat pembuat lupa di depan member MFF. Cahaya mengilat membutakan mata. Tak satupun ingat pernah ada Junior yang melegenda.
  • ini nge-bully lagi kan? gak lolos, kurang padu :p
  • Dian Farida Ismyama BAJU BARU. “Kesampaian juga keinginanmu, Nak.” Ucapku seraya mengusap kain putih pemberian warga di hari lebaran. Anakku ditemukan bersimbah darah di bawah jembatan ketika sedang memulung, lima jam yang lalu.
  • Kalimat terakhir sebenarnya tidak adapun tidak apa-apa, malah kesannya terlalu panjang dan menambah2kan, kalimatnya bisa diefektifkan lagi─Harry Irfan

Fiuhhhhh, capeknya ya mereview FM yang lumayan banyak itu. Buat teman yang tidak berkenan dengan review-nya dan ingin menambahkan, silakan tulis komentarnya, nanti ku-update di page-one postingan ini loh 🙂

Terakhir saya mau ucapin terima kasih banyak buat yang berpartisipasi di edisi perdana PIC baru *uhuk, besok-besok jangan kapok ya, tunggu Rabu depan hanya di grup MFF. Bye-bye…

Ohya? belum boleh? Apah? Ada yang ngga terima karena Fm-nya gak lolos? Gugatan ke MK- Mahkamah Kepenulisan ditolak? Okeh, yuk rame-rame ngajuin ke PTUN- Pengadilan Tinggi Urusan Nulis 😀

Iklan

4 thoughts on “REVIEW : Fiksimini Game Monday Flashfiction

  1. Jiahahahajaja up date bgt nih istilah MK n PTUN nya. Tapiii … huhuhuhu aku jdi gk enak sama mas CM dek, komenku kok gitu amat yah, yg lain masi kliatan profesional -__-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s