Perjalanan pertama kali ke Bandung

SABTU, 27 DESEMBER 2014

Hari ini saya nekat mau ke Bandung, stasiunnya. Tujuannya sih mau cetak tiket kereta untuk mudik liburan tahun baru nanti. Hayyy kenapa repot-repot ke Bandung? Cetak di stasiun terdekat kan juga bisa?
Jadi begini alasannya, saya harus tahu dulu rute Karawang- Bandung itu seperti apa dan bagaimana. Itu penting. Ini kali pertama saya pesen tiket via st. Bandung.

Harusnya sih kalau ada rute Karawang- Kebumen saya lebih milih itu. Sayangnya, tak ada. Kereta jarang berhenti di st. Karawang, hanya berhenti di st. Cikampek. Hehe

Sempat ngerasa hopeless, karena sedari pagi cuaca hujan rintik-rintik di Karawang, orang yang kuajak jadi teman ngobrol ternyata tak bisa nemenin. Hoahemmm.

Rencana berangkat dari siang batal. Sejatinya sudah mandi dari pagi justru tertidur hingga sore. Pukul 15.00 WIB terbangun, gerimis mereda. Langit tetap mendung. Kuputuskan goes to st. bandung. Sendirian.

Setelah sebelumnya nanya temen yang biasa wara-wiri ke bandung. Aku manut. Naik bus primajasa Ac “Cikarang-Bandung” dari depan Gerbang perum Green Garden. Harga tiket Rp 52000. Berangkat pukul 16.20 WIB sampai di Bandung, terminal Leuwi Panjang pukul 18.30 WIB. itu tanpa macet. Hanya berhenti sebentar di shelter bus KM 57 Tol Jakarta-Cikampek.

Sesuai petunjuk temen, dari terminal Leuwi Panjang naik taxi ke St. Bandung. Bisa ditawar dulu(asal yang biasa jangan yang Blu* Bir*). Harusnya sih kata temen ga nyampe Rp50000, tapi ya sudahlah dri penawaran 75000, kami deal 55000 diantar sampai depan st. Bandung. Lumayan jauh loh!: Leuwi Panjang-St. Bandung.

Pukul 19.00 WIB sampai st. BANDUNG, mampir ke ATM sebentar kemudian ke mesin CTM (Cetak Tiket Mandiri).

Sudah tercapai tujuan utamanya. Kepikiran untuk mengulang rute yang sama untuk kembali ke Karawang sepertinya merepotkan. Akhirnya, iseng liat aplikasi paditrain, adakah KA Bandung-Cikampek. Ternyata ada. BANDUNG- Cikampek, Ciremai Ekspress 95 Bisnis, seharga Rp 70000. Berangkat pukul 19.25 eta sampai pukul 21.15 WIB. Langsung order tiketing, dan ternyata pas bayar harganya cuma Rp 50000. Alhamdulillah. Siap grak! Jadi. Sembari nunggu kereta datang, aku nyempetin sholat isya di stasiun.

Pukul 19.25 WIB, kereta datang dari jalur 3.

Here we go! Getchaaa! 19.35 WIB dari ST. BANDUNG.

Sampai di St. Cikampek ternyata pukul 22.00 WIB.
Hasil nanyain temen lagi, dari st. Cikampek ke Karawang naik bus Warga Baru. Aduhayy, saya belum beruntung ternyata bus sudah tak ada. Tak habis akal, nanya orang sekitar, ada akses angkutan ke Karawang mobil carry. Bayar Rp 12000. Dari pada ojek yang mungkin bisa lebih mahal.

Cikampek- Karawang setengah jam. Turun di Johar. Nah dari Johar saya terpaksa ngojek karena tak ada akses angkot ke Green Garden. Rp 20000.

Selesai. Perjalanan Karawang-Bandung, Bandung-Karawang.

Jadi kalau dikalkulasi total biaya keberangkatan 52000+55000=Rp 107000.
Pulang 50000+12000+20000=82000.

Total keseluruhan PP 107000+82000=Rp189000

Catatan:
*harusnya kalau angkutan kepulangan bisa sesuai rencana naik bis Warga baru mungkin lebih murah? *mungkin saja*
Demikian cerita singkat perjalan pertama kali ke Bandung (Stasiunnya). Besok pada harinya aku mudik bisa tenang sampai di sana.

*Setelah sekian tahun ngga pernah naik kereta karena susahnya pesan tiket, ternyata KA sekarang sudah berinovasi dengan memasang 2 stop kontak di setiap kursi. Bye-bye powerbank. Kalau yang kelas ekonomi kurang tahu siih… (Mungkin kelas bisnis ke atas saja)

Akankah bis berinovasi dengan ini juga?

Iklan

4 thoughts on “Perjalanan pertama kali ke Bandung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s