APLIKASI: GOM Player – Musik Player Favoritku

Sejujurnya hanya kebetulan saja aku dipertemukan dengan musik player ini. Berhubung musik player yang payah dan tak terampuni. Yup, musik player bawaanku tak dapat membaca semua folder musik. Pilih kasih. Entahlah. Aku sudah pusing mencari tutorial. Berbagai kemungkinan. Solusi. Tetap tak berhasil. Nyerah. Aku cari musik player lain saja di playstore. Dan hampir semua musik player pernah kucoba. Aku instal satu per satu. Hasilnya sama. Nah, pilihan terakhir jatuh pada GOM Player. Tak ada yang istimewa sebenarnya. Cuma, musik player ini ada fitur menambahkan lirik lagu yang kita mainkan jika belum tersedia di database mereka. Ini seru. Buat ngisi waktu luang. Iseng. Here we go!  

No registered sync lyric. Klik pada bagian itu. 

Kalau belum login, kita akan diarahkan login dahulu. Buat akun. Dan seterusnya. 

Lanjut. Setelah klik bagian tadi. Akan masuk ke halaman berikut. Klik aja ikon “kertas dan pensilnya”

Setelah itu. Akan masuk ke halaman berikut. Enter lyric. Sebelum itu kita sudah menyalin-dan siap tempel lirik yang kita input dong. Mencari di website penyedia lirik lagu seperti AZLyric juga boleh. (jangan lupa copyright, ya, sebagai penghargaan buat penyedia konten) 

Contohnya, begini nih. 

Setelah siap dengan file lirik yang benar. Langsung klik “Sync” dipojok kanan atas ya! Kamu otomatis akan dibawa ke tampilan berikutnya. Penyelarasan antara nada dan lirik lagu. Mudah. Mulai dengan “START”.

Yup, cuma harus jeli pendengaran kita, buat ngepasin si artis lagi nyanyi bait yang mana, kita pindahkan kursornya dengan tanda panah  ke bawah. Dan seterusnya. Sampai selesai. Nah, kalau ada bait yang dirasa kita telat /terlalu cepat saat pindah, klik tombol panah atas, artinya mengulangi ke detik sebelumnya. Bukan dari awal kok. 

Lakukan pemindahan kursornya sampai lagunya habis. Nantinya, kamu akan bertemu dengan dialog “finished editing”, tinggal klik. Selesai. Aplikasi ini akan menunjukkan hasil kerjamu, tepat atau tidak. Otomatis akan memutar lagu yang sedang kamu edit tadi. Mudah bukan? 

Username kamu akan tampil di atas lirik lagu. Dan terlihat oleh user GOM PLAYER lain saat memainkan musik yang sama. 

  • PS: Aplikasi ini kadang menyebalkan, beberapa lagu pas di awal bilangnya “no registered lyric…” tapi pas kita sudah berhasil submit, ternyata sudah ada. Kita bisa tahu dari angka di sebelah username kita. 
  • 1/1: artinya kita yang pertama submit liriknya kalau 1/2: berarti ada yang submit liriknya sebelum kita. (dua orang telah mensubmit lirik pada lagu itu) 1/3, dan seterusnya. 
  • Fitur lainnya banyak sih, ganti tema, ukuran tampilan lirik, shuffle, standar musik player lain. Jadi tidak kubahas ya. 

Nih hasilnya! Selamat mencoba! 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s